Multi Factor Evaluation Process

Contoh implementasi DSS (Decision Support System) dengan Metode Multi Factor Evaluation Process (MFEP) menggunakan PHP dan MySQL untuk penentuan jabatan manager

MFEP adalah metode kuantitatif yang menggunakan weighting system. Dalam pengambilan keputusan multi faktor, pengambil keputusan secara subyektif dan intuitif menimbang berbagai faktor yang mempunyai pengaruh penting terhadap alternatif pilihan mereka

[ author : cahya dsn, published on : April 20, 2018 updated on : April 21, 2018 ]

minerva minerva donasi donation

Mau lihat artikel lainya? Dapatkan artikel-artikel lain seputar pemrograman website di sini, dan dapatkan ide-ide baru

Pertimbangan tersebut berupa pemberian bobot atas multifaktor yang terlibat dan dianggap penting. Tahapan dalam metode MFEP ini menentukan faktor-faktor tersebut sehingga memperoleh urutan faktor berdasarkan kepentigannya.

MFEP adalah metode kuantitatif yang menggunakan weighting system. Dalam pengambilan keputusan multifaktor, pengambil keputusan secara subjektif dan intuitif menimbang berbagai faktor yang mempunyai pengaruh penting terhadap alternatif pilihan mereka. Agar keputusan berpengaruh secara strategis, lebih dianjurkan menggunakan sebuah pendekatan kuantitatif seperti MFEP.

Dalam MFEP pertama-tama seluruh kriteria yang menjadi faktor penting dalam melakukan pertimbangan diberikan pembobotan (weighting) yang sesuai. Langkah yang sama juga dilakukan terhadap alternatif-alternatif yang akan dipilih, yang kemu dian dapat dievaluasi berkaitan dengan faktor-faktor pertimbangan tersebut.

Metode MFEP menentukan bahwa alternatif dengan nilai tertinggi adalah solusi terbaik berdasarkan kriteria yang telah dipilih (Khaidir 2014)

Pre-requisites

  • Pemahaman terhadap dasar-dasar Sistem Pengambilan Keputusan
  • Pemahaman terhadap dasar-dasar teknologi Web,HTML dan CSS
  • Pemahaman terhadap dasar-dasar basis data/database, terutama query SQL pada MySQL/mariaDB
  • Pemahaman terhadap dasar-dasar pemrograman PHP, terutama fungsi-fungsi koneksi database dan pengelolaan tipe data array

1.1. Tahapan Metode MFEP

Langkah-langkah dalam proses perhitungan dengan Metode MFEP adalah:

  1. Menentukan faktor / kriteria dan bobot faktor / kriteria dimana total pembobotan harus sama dengan 1 atau 100 (∑ pembobotan = 1), yaitu factor weight.
  2. Mengisikan nilai untuk setiap faktor (kriteria) yang mempengaruhi dalam pengambilan keputusan dari data-data yang akan diproses, nilai yang dimasukkan dalam proses pengambilan keputusan merupakan nilai objektif, yaitu sudah pasti yaitu factor evaluation yang nilainya antara 0 - 1 ( 0-100 ).
  3. Proses perhitungan weight evaluation yang merupakan proses perhitungan bobot antara factor weight dan factor evaluation dengan serta penjumlahan seluruh hasil weight evaluations untuk memperoleh total hasil evaluasi.

    Nilai weight evaluation (yij) dari suatu alternatif ke-i pada kriteria/faktor ke-j merupakan hasil perkalian dari factor weight (wj) dengan factor evaluation (rij) yang dirumuskan sebagai berikut:

    .. [MEP-01]

    Nilai total evaluasi atau Nilai preferensi (Vi) dari alternatif ke-i merupakan penjumlahan dari seluruh weight evaluations (yij) yang dinyatakan dalam persamaan sebagai berikut:

    .. [MEP-02]
    Keterangan :
    • yij : weight evaluation alternatif ke-i pada kriteria ke-j
    • wj : weight factor kriteria ke-j
    • rij : factor evaluation alternatif ke-i pada kriteria ke-j
    • Vi : Nilai total evaluasi/preferensi dari alternatif ke-i
    • n : jumlah kriteria
  4. Proses perangkingan dari Nilai Total Evaluasi/Preferensi yang diperoleh, dimana nilai yang tertinggi adalah yang terbaik sesuai kriteria/faktor yang ditentukan

1.2. Kelebihan dan Kekurangan

Metode MFEP memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yaitu sebagai berikut

1.2.1. Kelebihan

Kelebihan dari metode MFEP adalah

  • Konsepnya sederhana dan mudah dipahami, kesederhanaan ini dilihat dari alur proses metode MFEP yang tidak rumit
  • Urutan faktor dapat ditentukan secara subjektif sesuai kepentingannya
  • Komputasinya efisien, perhitungan komputasinya lebih efisien dan dan cepat
  • Mampu dijadikan sebagai pengukur kinerja alternatif dan juga alternatif keputusan dalam sebuah bentuk output komputasi yang sederhana
  • Dapat digunakan sebagai metode pengambilan keputusan yang lebih cepat

1.2.2. Kekurangan

Metode MFEP mempunyai beberapa kekurangan, diantaranya adalah

  • Pada metode MFEP penentuan nilai bobot faktor sangat bergantung pada pengambil keputusan
  • Kurang cocok untuk perhitungan yang memerlukan inputan data berupa data ordinal karena data yang diperhitungkan sudah dikuantisasi menjadi data kardinal dalam bentuk nilai factor evaluation

2.1. Kriteria dan Bobot

Pada kasus pemilihan laptop ini telah ditentukan 5 buah kriteria yang diperhitungkan, yaitu Kedisiplinan, Keaktifan, Total Penjualan, Jumlah Anggota, dan Kegigihan dengan rincian bobot penilaian seperti pada TABEL 1 berikut :

TABEL 1 : Kriteria dan Bobot
KodeNamaBobot
C1Kedisiplinan0.2
C2Keaktifan0.15
C3Total Penjualan0.3
C4Jumlah Anggota0.25
C5Kegigihan0.15

2.2. Contoh Data Factor Evaluation (R)

Data-data yang akan diperhitungakan dengan metoda MFEP ini adalah seperti yang tercantum dalam TABEL 2 berikut ini [2]

TABEL 2 : Contoh Data
Alternatif Kriteria
Kode Nama C1C2C3C4C5
A1Enrico44355
A2Gatot34513
A3Mirza35523
A4Oscar54513
A5Bella44523
A6Carlie44455
A7Zaki55415
A8Shinta54433
A9Pandu33433

Keterangan

  • C1 : Kedisiplinan
  • C2 : Keaktifan
  • C3 : Total Penjualan
  • C4 : Jumlah Anggota
  • C5 : Kegigihan

2.3. Perhitungan Weight Evaluation (Y)

2.4. Perhitungan Total Evaluation (V)

Untuk melengkapi artikel ini, berikut ini akan diberikan gambaran implementasi Metode MFEP dengan menggunakan PHP untuk menyelesaikan masalah pengambilan keputusan pemilihan laptop seperti dalam contoh kasus yang ditunjukkan sebelumnya.

Uraian diberikan secara langkah per langkah agar memudahkan pemahaman dalam pembuatan aplikasinya. Dimulai dari rancangan schema database-nya hingga langkah-langkah implemantasi proses sesuai Metode MFEP yang sudah dijelaskan sebelumnya, dengan menggunakan data sesuai dengan contoh kasus yang diberikan.

3.1. Persiapan Database

Sebagai bahan pembelajaran Metode MFEP ini; dibuat database (dalam hal ini menggunakan MySQL/MariaDB Database server) sebagai berikut:

CREATE DATABASE IF NOT EXISTS db_dss;
USE db_dss;

Awalnya membuat dulu database dengan nama db_dss jika belum ada database dengan nama tersebut, kemudian gunakan database tersebut dengan memakai sintak USE db_dss;

Dalam hal ini, pembuatan database memakai command console dari database server yang bersangkutan

3.1.1. Pembuatan Tabel

3.2. Koneksi ke Database

3.3. Perhitungan